DPRD Tetapkan 18 Raperda Masuk Propemperda 2021

DPRD Tetapkan 18 Raperda Masuk Propemperda 2021

DPRD Kota Cirebon, menepatkan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021. Dalam komposisinya, Propemperda 2021 tersebut memiliki 18 buah Raperda yang akan dibahas mulai tahun depan.

Diantara Propemperda tersebut, terdapat 10 buah Raperda yang menjadi inisiatif DPRD, serta 8 Raperda yang menjadi usulan dari pihak eksekutif, atau dari Walikota Cirebon.

Beberapa diantaranya, merupakan Raperda tunggakan tahun 2020 yang masih dibahas dan belum sempat diparipurnakan untuk disetujui bersama eksekutif legislative. Sehingga, pembahasan Raperda-raperda tunggakan tersebut, akan kembali dibahas di tahun 2021 mendatang.

Ketua Bapemperda Kota Cirebon Ana Susanti SE menerangkan,yang menjadi dasar pertrimbangna jumlah Propemperda tahun 2021 ditetapkan sebanyak 18 Raperda, yakni mengingat dalam rencana kerja (Renja) DPRD Kota Cirebon tahun 2021 dan Permendagri nomor 120 tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 80 tahun 2015 tentang pembentukan produk hukum Daerah.

“Di mana dalam Pasal (4) disebutkan bahwa penyusunan Propemperda didasarkan atas perintah peraturan yang lebih tinggi, rencana pembangunan daerah, penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas perbantuan, serta aspirasi dari masyarakat di daerah,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, penyusunan dan penetapan Propemperda yang dilakukan setiap tahun sebelum penetapan Raperda APBD, hal ini guna memenuhi ketentuan amanat Perda Kota Cirebon nomor 5 tahun 2020 tentang perubahan atas Perda nomor 9 tahun 2016 tentang pembentukan produk hukum daerah, yang ditegaskan pada pasal 12 ayat (2).

Ana menjelaskan, semua tahapan pembentukan Propemperda ini juga telah sesuai dengan Permendagri Nomor 120 tahun 2018 dan Perda Kota Cirebon Nomor 5 tahun 2020.

Bapemperda juga telah melaporkan hasil pembahasannya ini kepada pimpinan DPRD yang didampingi oleh para Ketua Fraksi. Yang kemudian pimpinan DPRD dan para Ketua Fraksi setuju untuk diparipurnakan untuk ditetapkan menjadi Keputusan DPRD tentang Propemperda Kota Cirebon tahun 2021.

\"Kami sampaikan terimakasih kepada pimpinan DPRD, anggota Bapemeprda, Bagian HUkum dan HAM Setda, yang telah bersama-sama membahas perubahan pembentukan Propemperda Kota Cirebon tahun 2021 ini,\" imbuhnya.

Ketua DPRD Kota Cirebon Hj Affiati SPd mengungkapkan, Propemperda ini menjadi dasar dan panduan bagi DPRD Kota Cirebon, dalam menjalankan fungsi legislasinya, yakni membahas dan menyetujui bersama eksekutif terhadap Raperda-raperda di tahun 2021 mendatang. (azs/adv)

https://www.youtube.com/watch?v=CT2hKCEi0m4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: